Monday, May 6, 2013

My Rapid Fire Questions


Ini adalah semacam meme yang sedang marak beredar di kalangan BBI-ers [Blogger Buku Indonesia]. Kita ditantang untuk memilih satu dari dua pilihan untuk 15 pertanyaan yang, tentu saja, tidak jauh-jauh dari kehidupan seorang kutubuku :). Secara kebetulan, Bzee dan Ratri sama-sama men-tag aku, jadi aku akan kerjakan PR-nya bersamaan ya…

Pertanyaan wajib:

1. Nambah atau ngurangin timbunan? –Nambah dong, bukan karena aku serakah, tapi menambah timbunan berarti aku akan terus menimba ilmu kehidupan; sampai kapan? Pokoknya selama aku hidup! ;)

2. Pinjam atau beli buku? –Untuk buku-buku yang aku tahu pasti aku akan suka, aku ingin beli, terutama untuk penulis yang karya-karyanya ingin kukoleksi. Untuk buku yang cuma pengen baca sambil lalu atau yang belum yakin aku bakal suka, lebih baik pinjam saja.

3. Baca buku atau nonton film? –Baca buku! Nonton film hanya untuk mengobati kejenuhan saat membaca buku, atau kalau aku suka bintangnya, hehehe...

4. Beli buku online atau offline? –Online, karena bagiku yang terpenting adalah isi bukunya, yang toh bias dilihat dari sinopsis dan review-review orang lain.

5. Buku bajakan atau ori? –Ori dong pastinya!

6. Gratisan atau diskonan? –Kalau ada gratisan (apalagi kalau boleh pilih sendiri judulnya) pasti pilih ini, tapi kalaupun tak ada, diskon pun kadang menarik hati juga…

7. Beli pre-order atau menanti dengan sabar? –Aku hanya 2x saja beli pre-order, waktu Harry Potter 6 & 7 akan terbit, selebihnya aku sabar menanti kok. Lagipula, sekarang aku lebih banyak membaca novel-novel klasik, yang jelas tak ada pre-ordernya. Eh tapi pernah juga penasaran dengan edisi Penguin English Library yang covernya cantik, dan akhirnya pre-order (Hahaha…jawaban orang labil!!)

8. Buku asing (terjemahan) atau lokal? –Sebenarnya aku sekarang lebih banyak membaca buku asing dalam versi aslinya, tapi masih juga baca terjemahan sesekali (terutama yang sudah ada di timbunan), jadi jawabanku: terjemahan.

9. Pembatas buku penting atau biasa aja? –Penting sekali. Aku malah punya koleksi pembatas buku dari buku-buku yang sudah aku baca, juga yang terbaru, dari Book Depository.

10. Bookmark atau bungkus chiki? –Bookmark dong, seperti jawabanku di atas, aku sudah punya banyak koleksi, jadi tinggal comot salah satu saja tiap kali mulai membaca buku.

Sekarang pertanyaan tambahan dari Bzee:

11. Buku yang dipinjam kembali dalam keadaan rusak atau tidak kembali? –Selalu berharap buku dikembalikan utuh, tapi kalau yang terburuk harus terjadi, lebih baik dikembalikan dalam keadaan rusak. Tidak kembali itu berarti si peminjam tidak menghargai barang (dan perasaan) orang lain—kecuali ada alasan kuat, misal tasnya kecopetan :(

12. ebook gratis termasuk ereader-nya atau buku fisik diskon? –Eh, ada yang mau kasih ebook gratis TERMASUK e-reader-nya? Mauuuu!! #eh #salahfokus. Tapi tetap saja jawabannya itu kok, hehehe…

13. Goodreads atau bookdepository? –Hmm, ini bukannya dua kategori yang berbeda ya? Goodreads bagiku hanya untuk melihat penilaian orang tentang suatu buku, dan untuk me-manage buku dan jadwal membaca. Sedang Bookdepository hanya untuk belanja buku saja. Kebetulan, aku pakai 2-2nya.

14. Buckbeak atau Smaug? –Aku gak kenal Smaug, jadi Buckbeak aja :)

15. Ben atau Leo? (tanpa nama belakang, bisa siapa saja, hahaha) –Jelas Leo laah…Leonardo di Caprio!! *maaf fangirling bentar ya, gak nahan nih! :P*
 
Lagi nungguin bang Leo main di Great Gatsby nih... <3

Lanjut dengan pertanyaan dari Ratri:

16. Sejak kapan suka baca buku? –Sejak bisa membaca, kapan ya itu, sekitar kelas I SD mungkin? Waktu itu bacaanku sih majalah Bobo.

17. Sejauh ini apa yang paling disuka dari bergabung dengan BBI? –Bisa bertemu dengan orang-orang yang punya kecintaan sama denganku, baca buku dan ngeblog tentang buku.

18. Kalau beli buku, mana dulu yang dilihat (cover, pengarang, sinopsis)? –Pengarang yang aku sudah ‘kenal’ atau yang ingin kukenal bisa menjadi magnet pertama, tapi tetap saja keputusan terakhir beli buku adalah di sinopsis. Sebenarnya sih selain sinopsis, yang terpenting adalah review dari orang yang sudah membaca buku itu (lebih diutamakan yang seleranya mirip denganku).
  
19. Lebih suka numpuk buku di rumah atau disumbangkan ke perpustakaan terdekat? –Aku sekarang sudah jauh lebih selektif, hanya membeli buku-buku yang aku ingin koleksi, tapi kalaupun ada yang sudah tidak kukehendaki lagi, biasanya sih kujual, swap atau berikan ke orang lain. Gak pernah menyumbang ke perpustakaan, karena di daerahku gak ada perpustakaan—ada sih perpustakaan Gereja, tapi buku-bukuku gak cocok aja, hahaha...

20. Harry Potter atau Katniss Everdeen? –Gak suka dan gak tertarik baca Hunger Games (pernah baca awalnya doang, lalu gak lanjut), jadi pastinya…Harry Potter!

**Update** Dan ini yang terbaru, pertanyaan dari Yuniar:


21. 5 kriteria memilih buku untuk dibeli/dibaca, urut dari yg paling penting?
(1) Penulis
(2) Tema sentral
(3) Cerita
(4) Fisik buku (terutama saat beli buku second-hand)
(5) Jenis font (kalau terlalu kecil malas baca!)

22. Komik atau novel? –Novel; komik tidak bisa ‘menggali’ kisah atau karakter sedalam novel.

23. Buku terjemahan atau buku asli (bahasa asing)? –Buku versi asli, terjemahan seringkali tidak pas dengan maksud aslinya, lagipula dengan membaca versi asli, aku bisa merasakan gaya menulis langsung penulisnya. Membaca terjemahan seperti kita mendengarkan opini orang tapi yang disampaikan oleh orang lain, emosinya jadi beda kan?.

24. Scribbling notes di halaman2 buku atau buku bersih seperti baru? –Tergantung kebutuhan, kalau banyak kata-kata yang asing buatku, aku tuliskan di halaman buku, tapi kalau butuh menulis pemikiranku yang panjang, aku tulis di notes terpisah. Tapi kalau buku itu kertasnya lux, saying juga ditulis-in… :)

25. Baca fanfiction-turned-novel? –Never-ever!


Fiuhhh…akhirnya sudah terjawab semua. Dan sekarang waktunya pembalasan dendam, hohoho…. Meme ini akan kulempar ke: Listra, Tanzil, Maria, Annisa dan Helvry. Moga-moga belum pada nge-post meme ini…. Kalian ‘wajib’ mengerjakan yah (soalnya aku juga sudah jadi ‘korban’ pemaksaan, jadi sekarang mau balas dendam *ketawa jahat*). Kalian harus menjawab pertanyaan wajib di atas (no. 1-10) DITAMBAH dengan 5 pertanyaan khusus dariku (jadi total ada 15 pertanyaan).

Ini pertanyaan dariku:

1. Literary fiction atau popular fiction?
2. Kalau kalian hanya boleh mengkoleksi buku-buku dari 1 pengarang saja, pengarang siapa yang kalian pilih?
3. Saat membaca, suka membuat catatan atau tidak?
4. Baca 1 buku saja atau baca bersamaan beberapa buku?
5. Introductory di awal buku: baca sebelum atau sesudah baca cerita? Atau tidak pernah baca?

Itu saja dariku, selamat mengerjakan…. Oh ya, selain menjawab 15 pertanyaan itu, kalian harus meneruskan meme ini dengan men-tag 5 orang lagi, dan memberikan 5 pertanyaan dari kalian sendiri. Buat Bzee dan Ratri, terima kasih sudah bikinin alasan buat nge-update blog ini ya? Hahahah….

8 comments:

  1. aku langsung capcus ke blog ini gara2 liat ada bang leo nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kuduga.... :) Kalo mau menarik perhatian Astrid, pajang aja foto bang Leo...

      Delete
  2. hari senin buka kompi dapat sambitan-hangat dari Anad berdua : Astrid and Fanda :D nah, sekarang saatnya setor PR xixi : http://lemarihobbybuku.blogspot.com/2013/05/rapid-fire-questions-bbi-meme.html
    And the questions about Smaug it's dragon in the Hobbit, and voices plays by si Ben (fangirling si Mel) dlm filmnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi....thanks ya Mar, udah dikerjain PR-nya. Langsung meluncurrr nih!

      Delete
  3. Enaknya yang ngga baca Hunger Games :-( Berhubung aku udah terlanjur nyebur, mau ngga mau lanjutin baca dan hasilnya kecewa banget. Makasih ya sudah dijawab. Salam kenaaaal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, ternyata ada juga yg gak suka HG ya? Kirain aku aja :D
      Salam kenal jugaaa! ;)

      Delete
  4. keluar juga foto Leo :))

    ReplyDelete

Bagaimana pendapatmu?