Monday, March 5, 2012

[Historical Fiction Movie] The Pillars of The Earth

Miniseri The Pillars of The Earth yang dirilis pada tahun 2010 ini merupakan adaptasi novel historical fiction karya Ken Follett berjudul sama. Terdiri dari 8 episode, aku menonton versi DVD-nya yang terdiri dari 3 DVD. Yang harus kuacungi jempol dari miniseri ini adalah pilihan castingnya--yang aku bandingkan dengan penggambaran karakter masing-masing tokoh lewat imajinasiku dari penuturan Follett di bukunya. Hampir semua tokoh berhasil diperankan oleh aktor-aktrisnya dengan baik. Sayangnya peran Prior Philip yang paling aku sukai dari kisah ini, justru kurang pas diperankan oleh Matthew Macfadyen. Menurutku, Macfadyen membuat Philip nampak lebih lemah, peragu dan terlalu "kompromi". Philip yang kutangkap dari buku, adalah sosok yang berani mengambil keputusan, dan selalu teguh memegang prinsip. Kupikir, mungkin sebaiknya tokoh Philip ini diperankan seseorang yang lebih memiliki garis wajah dan postur yang kokoh.

Kalau di buku aku paling suka dengan Philip, maka di miniseri ini aku jadi jatuh cinta pada Tom Builder. Diperankan oleh Rufus Sewell--yang ternyata ganteng! ehm..ehm...--Tom Builder tepat seperti yang kubayangkan di bukunya. Kokoh pada pendiriannya, memiliki impian dan bekerja keras mewujudkannya. Karena pekerjaannya berhubungan dengan batu, maka tubuhnya kokoh, dan keberaniannya bak batu karang. Hanya saja di film ini aku mendapat kejutan, Tom Builder ternyata juga ganteng!... Aku suka dengan matanya yang menatapmu tajam itu, membuatnya terlihat sexy…


Ini foto Rufus Sewell yang sesungguhnya, dan ketika memerankan Tom Builder

Di jajaran pemeran wanita, aku paling suka dengan Ellen. Bahkan menurutku casting terbaik di film ini adalah Natalia Worner yang memerankan Ellen. Tepat seperti yang kubayangkan. Tegas, liar, cerdik, misterius namun juga sensual. Natalia Worner yang seorang aktris Jerman berhasil memerankan Ellen dengan sangat baik.


Sosok Natalia Worner sesungguhnya dan ketika memerankan Ellen


Coba intip foto Rufus Sewell dan Natalia Worner berpose berdua dalam launching miniseri ini. Mereka memang pasangan yang cocok kan? Begitu juga di miniseri The Pillars of The Earth ini.

Lalu bagaimana dengan para tokoh sentral miniseri ini, yakni pasangan Jack-Aliena? Untuk Jack, sosok Eddie Redmayne yang tinggi ceking, berwajah tirus dan bergaris tegas ini memang pas memerankan Jack. Tapi aku kok merasa aktingnya terlalu kaku dan kurang "hidup" ya? Padahal si Eddie ini bukan orang baru di dunia teater, dan pernah memenangkan penghargaan juga di panggung teater. Mungkin teater dan film memang beda ya? Halley Atwell kuanggap cukup sukses memerankan Aliena yang teguh dan cerdas. Sedang Donald Shutterland tampil apik memerankan Earl Bartholomew.


Sosok Eddie Redmayne sesungguhnya dan saat menjadi Jack

Lalu bagaimana dengan filmnya sendiri? Nah...ini yang mengecewakanku. Banyak detail yang dihilangkan di film ini (kalau ini masih bisa kumengerti mengingat bukunya yang setebal 1000-an halaman itu), namun yang paling kusayangkan adalah kesan realisme magis yang banyak bertebaran sepanjang miniseri ini. Contohnya saat King Stephen mendapat "penampakan" dari kakak yang telah dibunuhnya, dan dalam salah satu penampakan menunjukkan bahwa musuh yang harus ditakuti adalah pemuda berambut merah--yang merujuk pada Jack. Tapi yang paling tak kusukai adalah William dan ibunya—Lady Regan—yang ternyata mengalami Oedipus Complex, yang nyata-nyata tak pernah ada di bukunya. Cukup menjijikkan juga adegan mesra ibu-putra ini, meski efeknya mungkin makin membuat penonton benci kepada William dan Lady Regan. Ada lagi sisi lain Uskup jahat Waleran Bigod (nama belakang yang intriguing!) yang suka menyiksa diri sendiri sebagai bentuk penyesalan. Aku tak ingat ini diungkap dalam buku, tapi meski ada, tetap saja agak mengganggu keindahan cerita.

Secara keseluruhan ada beberapa detil cerita yang berbeda dari buku (yang memang biasa terjadi di film adaptasi). Satu yang jelas, bertobatnya Remigius tak nampak di miniseri ini. Beda dengan buku, di miniseri Remigius dari awal sudah kelihatan bersekongkol dengan Waleran, sehingga pada akhir cerita tak ada tersisa lagi misteri. Dan mau tak mau aku harus bilang bahwa--seperti biasa--versi bukunya jauuuuh lebih bagus dari filmnya, karena film tak mampu menangkap esensi kisahnya. Miniseri The Pillars of the Earth dengan ending yang kurang menggigit ini hanya meneguhkan pendapatku itu. Miniseri ini bagus kalau kau belum membaca bukunya, tapi setelah membaca buku yang tahun lalu kunobatkan sebagai The Best Reading of the Year, yah...rasanya miniseri ini belum apa-apa deh...

Rating: 7 / 10

Judul miniseri: The Pillars of the Earth
Pemeran : Matthew Macfadyen (as Philip), Eddie Redmayne (as Jack), Halley Atwell (as Aliena)
Beredar: 2010

1 comment:

  1. Klo dari sisi aku yang belum baca bukunya, miniseri ini bagus, cukup epic. Dan juga daku naksir Jack dan Richard :p
    Mungkin karena terlalu compact karena cuma 8 seri, seandainya dipanjangin mungkin akan lebih detil ya

    ReplyDelete

Bagaimana pendapatmu?