Wednesday, February 29, 2012

Wishful Wednesday (1)

Rabu ini aku ganti haluan, gabung di bloghop-nya Astrid untuk posting buku yang masuk wishlist minggu ini. Ini dia aturan mainnya:

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

----

Buku yang sudah masuk wishlist-ku sedari belum terbit adalah ini:


Gadis Kretek
by Ratih Kumala

Sebagai pecinta novel-novel historical fiction, sudah lama aku ingin membaca hisfic karya penulis lokal. Sudah ada beberapa incaran, tapi aku kadang khawatir apakah itu hisfic atau murni buku tentang sejarah. Dan akhirnya aku menemukan Gadis Kretek ini. Kebetulan entah kenapa, aku tertarik membaca perjalanan sejarah bisnis rokok di tanah air ini.

Inilah sinopsis novel yang akan diterbitkan Gramedia tgl. 8 Maret 2012 mendatang :

Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, ia memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang Ibu pun terbakar cemburu terlebih karena permintaan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum ajal menjemput sang Ayah.

Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) tua dan menguak asal-usul Kretek Djagad Raja hingga menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, yang ternyata adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya.

Apakah Lebas, Karim dan Tegar akhirnya berhasil menemukan Jeng Yah?


Gadis Kretek tidak sekadar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia. Kaya akan wangi tembakau. Sarat dengan aroma cinta.

Detail lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kalian punya wishful Wednesday juga? Gabung aja ke blog hopnya Astrid di sini.

3 comments:

  1. Thanks udah ikutan Mbak Fanda =) aku udah liat nih sinopsisnya dr twitter Gramed, kayanya keren bukunya...jarang2 hisfic lokal yg oke...semoga kesampaian ada yg buntelin hihihi

    ReplyDelete
  2. kebetulan ini juga wishlistku! :) udh pengen bgt baca dan udah pre-order. buku ratih kumala yg sblmnya, kronik betawi, mnrtku jg bagus bgt, soo natural, makanya pengen baca karyanya yg berikut.

    ReplyDelete
  3. Jeng Yah~
    Wah, aku jarang baca historical fic dari Indonesia. Kayaknya sih seru ceritanyaaa

    ReplyDelete

Bagaimana pendapatmu?